Hati-hati jangan lagi berfoto dengan bintang laut

March 6, 2019
Tips

Bintang laut menyimpan fakta menarik. Tak bisa diajak foto begitu saja. Setelah mengetahui fakta ini, lebih bijaklah dalam berfoto. Karena menikmati keindahan alam dan segala mahluk ciptaan Tuhan tak harus dengan melukai. 

Bintang laut, hewan laut yang berbentuk bintang ini kerap jadi incaran wisatawan untuk dijadikan teman foto selfie. Biasanya, saat liburan ke pantai, banyak wisatawan atau mungkin juga Anda berkeinginan untuk berfoto selfi seperti di bawah ini.

Berfoto bersama bintang laut memang akan menghasilkan foto liburan yang lebih hidup dan menarik, namun sebaiknya, urungkan niat Anda karena apa yang akan Anda lakukan bisa mengancam kelangsungan hidup hewan laut tersebut.

Apakah Anda tahu alasannya kenapa? Hal ini dikarenakan dengan mengangkat tubuh bintang laut ke udara terbuka, tubuhnya akan terkena racun dari karbondikosida. Seperti yang diketahui, bintang laut bernapas menggunakan tentakel yang berada pada kelima tangannya. Mereka menggunakan ratusan tabung kecil yang berada di tentakel untuk menyerap oksigen di air laut.

Tak hanya untuk menyerap oksigen, tabung kecil dalam tentakel tubuhnya pun berfungsi untuk menggerakkan tubuh dan memompa udara.

Jadi, selain teracuni karbondioksida, saat bintang laut ini diangkat keluar dari habitat, tubuh mereka akan kehabisan oksigen hanya dalam kurun waktu 3-5 menit.

Nah, jika kita mengangkat tubuh dan mengajak bintang laut untuk berfoto selfie, apalagi buat kita yang doyan berganti-ganti pose berkali-kali, sudah berapa menit waktu terbuang? Bagi kita mungkin hal ini tak menjadi masalah, selama tak kehabisan gaya, sah-sah saja berfoto bersukaria. Tapi, bagi bintang laut, 3-5 menit adalah waktu singkat bagi mereka untuk bertahan di luar laut.

Foto selfie mungkin terlihat sepele, tapi siapa sangka kebiasaan kita ini bisa merugikan mahluk lain. Bahkan mengambil nyawanya. Jadi, setelah mengetahui fakta ini, lebih bijaklah dalam berfoto. Karena menikmati keindahan alam dan segala mahluk ciptaan Tuhan tak harus dengan melukainya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat Chat Dengan Kami